Potensi Bencana

Potensi Bencana

Potensi Bencana

Definisi Bencana

Bencana adalah peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat yang disebabkan, baik oleh faktor alam dan/atau faktor nonalam maupun faktor manusia sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda, dan dampak psikologis (BNPB, 2007).

Potensi Ancaman Angin

Gambar 1. Peta ancaman angin dan potensi kerugian yang ditimbulkan

Hasil analisis variabel data ancaman dan kerentanan bencana tahun 2013 dari BPBD Kabupaten Kebumen, terdapat potensi tinggi ancaman angin terjadi di wilayah selatan Kecamatan Rowokele, yaitu dua dusun di wilayah Desa Redisari. Meskipun demikian, tingkat kerugian yang ditimbulkan akibat adanya ancaman tersebut masih berada pada tingkat rendah.

Potensi Ancaman Banjir

Gambar 2. Peta ancaman banjir dan potensi kerugian yang ditimbulkan

Analisis menunjukkan bahwa banjir menjadi bencana umum yang potensinya terjadi hampir disemua wilayah Kecamatan Rowokele terkhususnya untuk wilayah bagian tengah yaitu Desa Bumiagung yang berpotensi tinggi terjadi banjir. Untuk Desa Redisari sendiri terdapat potensi sedang untuk terjadinya banjir. Tingkat kerugian yang ditimbulkan dari bencana banjir diperkirakan masih berada pada tingkat rendah untuk sebagian besar wilayah kecamatan kecuali untuk Desa Bumiagung yang memiliki tingkat kerugian atas ancaman banjir berada pada tingkat sedang.

Potensi Ancaman Epidemologi

Gambar 3. Peta ancaman epidemologi dan potensi kerugian yang ditimbulkan

Bencana epidomologi merupakan diagnosis masalah kesehatan masyarakat yang mengalami bencana berdasarkan hasil pendekatan sistematis. Berdasarkan analisis BPBD Kabupaten Kebumen, ancaman epidemologi dan tingkat kerugian akibat ancaman dari bencana epidomologi di wilayah Kecamatan Rowokele berada pada tingkat rendah.

Potensi Ancaman Gempa

Gambar 4. Peta ancaman gempa dan potensi kerugian yang ditimbulkan

Gempabumi menjadi salah satu bencana umum yang sering terjadi di wilayah Indonesia, tidak terkecuali di kawasan Kecamatan Rowokele. Peta ancaman gempa menunjukkan adanya tingkat ancaman sedang diseluruh wilayah Kecamatan Rowokele, namun dampak kerugian yang dihasilkan dari bencana gempa pada wilayah tersebut diperkirakan masih berada pada tingkat rendah.

Potensi Ancaman Kekeringan

Gambar 5. Peta Ancaman kekeringan dan potensi kerugian yang ditimbulkan

Sebagai daerah yang masyarakatnya masih mengandalkan pertanian sebagai sumber penghasilan, informasi ancaman kekeringan menjadi salah satu informasi penting. Wilayah Kecamatan Rowokele secara umum memiliki ancaman kekeringan pada tingkat rendah hingga sedang dibeberapa daerah. Namun, tingkat kerugian yang diakibatkan dari ancaman kekeringan di wilayah tersebut masih termasuk pada tingkat rendah.

Potensi Ancaman Longsor

Gambar 6. Peta ancaman longsor dan potensi kerugian yang ditimbulkan

Wilayah barisan perbukitan dibagian utara Kecamatan Rowokele menjadikan tingkat ancaman terjadinya longsor diwilayah tersebut berada pada tingkat tinggi dan sedang sehingga masyarakat setempat haruslah senantiasa siaga terjadinya longsor terutama pada musim penghujan. Hal tersebut diperkuat dengan kemungkinan tingkat kerugian yang dihasilkan atas ancaman longsor berada pada tingkat sedang diwilayah utara Kecamatan Rowokele.

Potensi Ancaman Tsunami

Gambar 7. Peta ancaman tsunami dan potensi kerugian yang ditimbulkan

Meskipun jika dilihat pada peta Pulau Jawa wilayah Kecamatan Rowokele cenderung dekat kebagian selatan berbatasan dengan Samudra Hindia, namun ancaman terjadinya tsunami di wilayah ini masih berada pada tingkat rendah karena jaraknya yang masih cukup jauh dari pesisir. Tingkat kerugian atas ancaman tsunami pun masih berada pada tingkat rendah untuk wilayah ini.

Sumber : Album Peta Risiko Bencana Kecamatan Rowokele Kabupaten Kebumen, BPBD Kab. Kebumen, 2013